Ciptapangan
Ciptapangan
SIGN IN ACCOUNT
Email / NIK:
Password:
 Remember my login ID
Forgot Your Password?


Job Application Form
Job Application Form
CURRENCY
Currency Buy Rate Sell Rate
USD 14,837.00 14,837.000
AUD 10,293.65 10,293.650
HKD 1,890.01 1,890.010
MYR 3,370.26 3,370.260
NZD 9,359.86 9,359.860
NOK 1,498.27 1,498.270
GBP 18,196.30 18,196.300
SGD 10,692.91 10,692.910
CHF 15,409.11 15,409.110
JPY 10,939.86 10,939.860
MMK 8.22 8.220
INR 189.67 189.670
KWD 48,363.01 48,363.010
PKR 69.99 69.990
PHP 272.23 272.230
LKR 41.08 41.080
THB 418.95 418.950
BND 10,688.82 10,688.820
EUR 15,633.20 15,633.200
CNY 2,215.99 2,215.990
KRW 11.44 11.440
Last update: 29/06/22 12:55:19
1 troy oz

=

  31.10 gram
1 US bushel (bu)

=

  35.24 liter
1 barrel (bbl)

=

158.97 liter

Ciptapangan Visitor
Nyaman Berkat Fengsui
posted by admin on 19/02/08

DEMI kenyaman,banyak orang terutama para pengusaha dan pembuat keputusan (decision maker) berusaha sebaik mungkin menciptakan suasana nyaman bagi kantor mereka.

Segala cara pun ditempuh,mulai fengsui hingga penerapan logika. Kenyamanan dalam bekerja adalah kata kunci untuk produktif dalam bekerja.Berkat kerja yang produktif, diyakini hasil kerja makin positif. Makanya, di tengah-tengah kesibukan kerja yang sangat padat,masih banyak orang yang memikirkan sebaik mungkin masalah kenyaman di kantor. Salah satunya menggunakan fengsui dalam membangun ruangan kerja atau kantor.

Wakil Ketua Dewan Riset Nasional, Ir Thomas Dharmawan, contohnya. Pria yang juga anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi ini bahkan menganalogikan ketika membangun kantor, fengsui sudah seperti Surat Izin Mengemudi (SIM).Tanpa fengsui,dilarang membangun kantor. ”Fengsui untuk kantor maupun ruangan kantor dapat meningkatkan produktivitas kerja dan mendatangkan hoki. Saya sendiri sudah merasakannya,” papar mantan pengusaha pangan ini.

Thomas percaya,di mana pun mendirikan perusahaan, selama mengantongi “SIM”alias fengsui, usaha diyakini akan lancar. Begitu yakinnya Thomas atas keampuhan fengsui ini sehingga sewaktu masih menjadi pengusaha penyuplai daging, dia nekat mendirikan pabrik atas dasar perhitungan fengsui pada tahun 1985. Sambil menyelam minum air,dia juga mencari arsitek yang paham benar soal ilmu fengsui. Hasilnya,Thomas merasakan manfaat yang sangat luar biasa.

Usahanya jadi maju seiring banyak perusahaan lain yang menjadi kliennya. Di luar itu, ketika ingin memperluas usaha, bank pun tak ragu memberi kucuran pinjaman dengan lancar. ”Itu semua karena ilmu fengsui, ilmu itu di antaranya mengajarkan jangan membuka usaha di bulan Suro dan lainnya, itu semua saya ikuti,” tandasnya. Thomas sedikit buka rahasia,sebelum mendirikan pabrik, arsitek sekaligus pakar fengsui yang dia sewa menyesuaikan shio Thomas, yakni kelinci, dengan fengsui yang akan diterapkan di pabrik tersebut. Berdasarkan shio inilah tata letak ruangan kantor Thomas dapat dibuat.

”Sebaiknya, posisi ruang kantor saya menghadap ke selatan dan kamar mandi ditempatkan di tengah, nah saya pun menempatkannya persis seperti itu,”katanya. Menurut fengsui,Thomas disarankan pula untuk menempatkan setiap peralatan elektronik di sebelah barat. Menurut pria yang gemar membaca buku-buku fengsui ini,setiap delapan tahun sekali dia mengubah ulang posisi letak ruangan kantornya sedemikian rupa. Hal ini memang sesuai dengan ajaran fengsui. ”Soalnya, tahun juga memengaruhi fengsui, kalau tahun terus berganti, tapi fengsui tidak diubah kan jadi tidak sesuai lagi,”tandasnya.

Sayangnya, sejak bergabung di kantor pemerintahan,Thomas tidak lagi bisa mengatur tata letak ruangan kantornya seperti dahulu.Tidak kehabisan akal,pria yang pernah diminta untuk melihatfengsui sebuah kantor milik temannya ini, membuat suatu perubahan kecil bagi ruangannya. Sedapat mungkin dia menempatkan kursi ke tembok dan tidak membelakangi jendela. Menurut dia, jika bersandarpadajendela,makadiatidak dapat mengetahui kondisi di luar jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Hal ini dibenarkan oleh pakar fengsui Lie Wempie Hadiwijaya.Menurut Wempie, berdasarkan ilmu fengsui,menempatkan kursi membelakangi jendela dapat mempengaruhi energi orang tersebut menjadi menurun. Di samping itu benda-benda tajam, mesin fotokopi, dan laci yang ditaruh di belakang kursi juga dapat menimbulkan energi negatif. Pria yang kerap didatangi oleh pengusaha ternama setiap akan mendirikan sebuah kantor ini menuturkan, setiap orang memiliki fengsui masing-masing yang disesuaikan dengan shionya.

”Fengsui ini dapat berguna untuk dua hal, yakni bagi karier dan kepribadian.Bagi karier, gunanya untuk memperkokoh kedudukan dalam suatu posisi dan bagi pribadi dapat memperkuat hubungan dengan orang lain, terutama dalam menjalin relasi bisnis,”ungkapnya. Adapun pakar fengsui Rafael Effendy memaparkan, fengsui mempunyai pengaruh besar bagi kemajuan suatu perusahaan. ”Biasanya, fengsui akan menimbulkan kenyamanan,mengurangi masalah,dan melancarkan usaha bagi pemilik usaha,”paparnya.

Munculnya segala energi positif tersebut dimungkinkan dengan penerapan fengsui yang tepat bagi ruangan. ”Nah karena setiap bentuk ruangan menimbulkan aura, kalau sinkron pasti sejalan dan kalau tidak sinkron, maka tidak sejalan,” tandas ahli tata letak ruang yang berdomisili di Ciledug,Tangerang,Banten ini. Sementara itu Direktur Utama Semen Gresik Dwi Sucipto mengaku tidak mengaplikasikan ilmu fengsui untuk pengaturan ruang kerjanya. Namun, dia lebih menerapkan logika dan mengikuti perasaannya dalam mengatur detail-detail ruangannya. Dengan begitu menimbulkan rasa kenyamanan ketika bekerja dan membuatnya betah.

”Jadi dengan menggunakan logika, saya memikirkan jika menaruh kursi di tempat ini, maka bagaimana dengan pencahayaannya. Jadi saya coba setiap sudut ruangan untuk mendapatkan posisi yang pas,” kata pria yang tinggal di Gresik, Jawa Timur ini. Sekurangnya dua kali dalam satu tahun, Dwi mengubah tata letak ruangnya untuk menghindari kejenuhan. Maklum, Dwi mengaku setiap hari menghabiskan waktu hingga 12 jam di ruang kerjanya tersebut. Berhubung ruang kerja Dwi tidak terlalu luas, dia pun memutar otak sehingga ruang kerjanya tetap bisa terlihat lebih luas dari aslinya.

Dia menempatkan jendela yang besar sehingga pencahayaan yang masuk memengaruhi luas ruangan menjadi lebih lapang. Kendati tidak mengadopsi dan tidak pernah mempelajari ilmu fengsui, pengaturan ruang yang dilakukan Dwi sangat sesuai dengan fengsui.”Banyak teman yang datang ke ruang kerja saya dan paham soalfengsui mengatakan ruangan saya secara fengsui sudah bagus.Hanya,perlu penambahan beberapa ornamen saja,” katanya. Menurut Wempie, ada banyak faktor yang harus diperhatikan ketika akan mendirikan kantor.

Karena halhal baik di internal maupun eksternal kantor,keduanya sangat menentukan kemajuan dan kemunduran perusahaan tersebut. Fengsui ini harus disesuaikan dengan shio pemilik perusahaan yang akan membangun kantor itu. Sebaiknya di depan bangunan yang akan didirikan tidak ada elemen-elemen seperti kantor polisi, pengadilan,dan rumah ibadah. ”Hindari pula reklame besar atau pohon besar yang berada di depan kantor.

Selain itu harus pula diperhatikan aliran sungai.Pokoknya setiap akan mendirikan bangunan perhatikan arah air karena air adalah sumber kehidupan yang vital,”kata Wempie. Adapun menurut Rafael,yang perlu menjadi pertimbangan dalam membangun kantor maupun rumah di antaranya adalah posisi tanah, karakter konsumen, struktur bangunan, lokasi sekitar bangunan, peletakan furnitur atau aksesori, bentuk plafon, serta warna cat tembok dan sebagainya. ”Apabila karakter tanahnya dingin harus dipasangkan dengan elemen api dan sebaliknya apabila karakter tanahnya panas,maka harus dengan air,” katanya.(sri noviarni-MG-17) Ir Thomas Dharmawan Wakil Ketua Dewan Riset Nasional

sumner : seputar-indonesia.com

Previous News     |      Next News

Related News


Current Rating: 4.000 (1 users)

Rate this news:



Online Pooling